Sudahkah Anda Mengenal Batik?

 

  1. Mengapa masyarakat Indonesia harus memiliki batik?

Batik Indonesia telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (Representative of Intangible Cultural Heritage of Humanity) oleh UNESCO yang merupakan pengakuan internasional terhadap salah satu mata budaya Indonesia.

Batik Indonesia mempunyai teknik dan simbol budaya yang erat dengan identitas rakyat Indonesia sejak lahir sampai akhir hayat. Sejak bayi sampai kita meninggal, kita menggunakan batik. Tradisi membatik diturunkan dari generasi ke generasi. Batik terikat dengan identitas budaya rakyat Indonesia dan memiliki beragam makna simbolis dari warna dan coraknya yang mengekpresikan kreatifitas dan spriritual rakyat Indonesia.

  1. Apa yang membedakan batik “asli” dengan batik “printed” ?

Definisi batik bukan diartikan sebagai “produk” atau “motif” itu sendiri, melainkan “proses” pembuatannya yang harus melewati proses pelilinan menggunakan malam (lilin batik) panas sebagai perintang warnanya dan menggunakan alat yang disebut canting, batik canting tulis maupun canting cap.

Batik asli melibatkan proses yang benar-benar melalui tangan, bukan mesin.Secara pewarnaan pun batik asli diwarna dengan proses pencelupan dan menghasilkan warna yang berbeda-beda walaupun dengan takaran yang sama (tidak 100% mirip dengan yang sudah dibuat). Sedangkan batik print diwarna melalui mesin dan warnanya pun lebih vibrant.

Dengan proses buatan tangan itulah, batik memiliki filosofis dan berharga karena dikerjakan dengan tangan yang tulus dan secara tidak sembarangan. Dengan membeli batik asli, berarti anda telah menghargai proses dalam pembuatan batik itu sendiri.

  1. Mengapa harga batik asli cenderung pricy?

Batik process is 100% handcrafted, every process of batik involving  hands of skillful artisans. Setiap lembar kain batik dikerjakan oleh satu pembatik dengan ceritanya masing-masing. Tidak seperti mass printing, setiap helai batik tidak akan pernah terlihat sama persis as the motifs are hand-drawn and hand-stamped one by one. Just like you, each pieces is unique. That’s why the genuine batik is a bit pricy compared with printed textile. Because we appreciate more the process and the people behind every product.

 

Shibotik is “One of a kind” pieces that categorized as slow fashion. Each pieces is different and special.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *